KONSEP PENDIDIKAN KB – TK ALAM AL ‘IZZAH KRIAN 

 

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ  . الَّذِينَيَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا

خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” ( QS.Ali Imron : 190-191 )

 

 

  A. METODE PEMBALAJARAN AKADEMIK DAN AGAMA DI KB -TK ALAM AL IZZAH

  1. Bermain Sambil Belajar 

       KB – TK Alam Al Izzah merupakan sekolah yang mengutamakan kurikulum terintegrasi dan mengacu pada tahapan perkembangan anak dengan mengoptimalkan seluruh potensi kecerdasan diantaranya Nilai Agama Moral, Sosial Emosional, Bahasa, Kognitif dan Sisik Motorik. Bermain sambil belajar dengan menumbuhkan rasa riang gembira, belajar sambil bermain sesuai dengan periode tumbuh kembang anak, serta di dampingi fasilitator yang  berkompeten.

 

 

 

 

      2. Berkebun Sambil Belajar 

          KB – TK Alam Al Izzah turut serta mengoptimalkan minat dan potensi anak dalam segala aspek perkembangan dengan mengoptimalkan Alam sebagai sumber media dan ruang belajar, atau sering kami sebut dengan BBA (Belajar Bersama Alam). Sehingga anak-anak mengAlami secara langsung sesuai dengan tema pembelajaran. Selain itu, kami juga memiliki area green lab sebagai mini lab eksporasi dan observasi.

 

 

 

 

B. METODE PEMBENTUKAN KARAKTER DI KB – TK ALAM AL ‘IZZAH KRIAN 

           KB – TK Alam Al Izzah merupakan sekolah berbasis lingkungan alam yang mengedepankan dan  mengembangkan nilai-nilai karakter pada diri anak-anak. Pengembangan karakter terintegrasi dalam kurikulum yang mengacu pada aspek perkembangan.  Tahapan pengembangan karakter dengan memberikan tauladan kepada anak-anak, dilanjutakan dengan pembiasaan dalam aktivitas harian, kemudian memberikan pemahaman atau sering kami sebut dengan refleksi sehingga yang demikian aanak-anak BISA KARENA TERBIASA. Pendampingan karakter yang utuh dan menyeluruh tidak hanya akan membentuk anak-anak menjadi cerdas,  lebih dari itu membentuk pribadi yang cakap, terampil, tangguh, tanggungjawab, disiplin, bersih, rapi, mandiri, tuntas dan istiqomah dalam kehidupannya sendiri, sebelum pada akhirnya berkontribusi dalam tatanan sosial yang lebih besar.

 

 

 

 

 

C. METODE PENEMUAN BAKAT DAN KEPEMIMPINAN

     1.  OUTBOND merupakan bentuk aktivitas menyenangkan yang bertujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan, meningkatkan kemampuan dasar, kemampuan kinestetik serta kerjasama Aura kegembiraan selalu terpancar di raut wajah anak-anak Kegiatan dilaksanakan satu minggu sekali dan ada juga puncak tema outbond low impact. Melalui outbond dapat menstimulasi anak menjadi pribadi yang gembira, tidak mudah putus asa dan tangguh.  Dalam kegiatan outbond anak-anak kami kenalkan dengan permainan tradisional diantaranya engklek, bakiak bathok, bakiak panjang, lompat tali dan masih banyak lagi.

 

 

 

2.  OUTING merupakan salah satu program belajar langsung  ke tempat edukatif yang sesuai dengan tema pembelajaran (apabila insitu sekolah tidak mendukung), yang demikian sering kami sebut dengan bermain sambil berwisata.

 

 

 

     2. PROJECT COOKING, ART ADN EKSPERIMENT SAINS

          Sesuai dengan misi kami yang mengedepankan potensi anak sejak dini merupakan landasan terimplementasinya ragam aktifitas yang fun dan beragam. Sejak dini anak-anak distimulus dengan beragam aktifitas belajar yang konkrit dan enjoy.  Asah potensi sejak dini dengan aktivitas cooking, art dan eksperimen sains yang WOW. Misalnya membuat senjata mainan dari bahan pelepah pisang, membuat  kendaraan mainan dari bahan bekas, membuat olahan makanan sehat dari bahan alami yang enak, dan mengenal miniatur proses sederhana terjadinya letusan gunung merapi.

 

 

 

 

 

TILAWATI KB- TK ALAM AL IZZAH

  1. Prinsip Pembelajaran Tilawati
    1. Disampaikan dengan praktis
    2. Menggunakan lagu rost
    3. Menggunakan pendekatan klasikal dengan praga
    4. Menggunakan pendekatan baca simak secara seimbang

 

  1. Pendekatan Pembelajaran

         Merupakan pengelolaan kelas secara individual atau klasiakal, yang demikian diharapkan kegiatan pembelajaran menjadi efektif, mudah dan menyenangkan. Siswa naik jilid bersama-sama dalam satu periode pembelajaran dengan kualitas standar, suasana belajar kondusif, sehingga target kurikulum baik kualitas maupun waktu dapat tercapai.

Teknik 1 : Guru membaca siswa mendengarkan

Teknik 2  : Guru membaca Siswa menirukan

Teknik 3  : Guru dan siswa memca bersama-sama

Tahap Teknik Keterangan

 

1 Klasikal teknik 1 dan 2 Setengah halaman pertama
2 Klasikal teknik 1 dan 2 Setengah halaman

kedua

Pembagian penerapan klasikal praga dalam kegiatan belajar, sebagai berikut;

Pertemuan ke – Teknik Klasikal 1 Kali Pertemuan Jmlh Khatam Praga
1 s/d 15 Teknik 1 dan 2 4 halaman praga 3x

 

16 s/d 51 Teknik 3 10 halaman praga 18x

 

TAHFIDZ

KB  – TK ALAM AL IZZAH

  1. Kegiatan Rutin Tahfidz
  2. Murojaah Harian

Merupakan kegiatan klasikal dengan membaca bersama-sama surah yang sudah di hafal (mengulang hafalan).

  1. Murojaah Akhir Pekan

Merupakan kegiatan mengulang hafalan di hari jum’at dengan mengulang ayat yang baru di dapat selama sepekan.

  1. Murojaah Dengan Murottal

Merupakan  kegiatan mengulan dan  menambah  ayat  hafalan  dengan bantuan murottal/mp3 Al Qur’an

 

  1. Teknik Tambah Ayat (Talakqi)
  2. Siswa duduk melingkar
  3. Bermain sambil murojaah beberapa surat yang sudah di hafal
  4. Menambah ayat baru dengan cara di penggal menjadi beberapa kata
  5. Diulang minimal 7x
  6. Fasilitator membaca, anak mendengarkan (7x)
  7. Fasilitator membaca, anak menirukan bersama (7x)
  8. Fasilitator membaca, anak menirukan bergilir (3x)
  9. Fasilitator membaca, anak membaca 1 ayat penuh.
  10. Putar audio murottal dan melafadzkan surah pilihan bersama-sama

                                                                      Tabel program Tahfidz

KB TK A TK B
Al Fatihah

An Naas

Al Falaq

Al Ikhlas

Al Lahab

An Nashr

Al Kafirun

Bulan 1: An naas – An Nashr

Bulan 2: Al Kafirun – Al Fiil

Bulan 3: Al Humazah – Al Qoriah

Bulan 4: Al Adiyat – Al Bayyinah

Bulan 5: Al Qodr – Al Insyirah

Bulan 6: Ad Dhuha – As Syams

Bulan 7: Al Balad

Bulan 8 : Al Fajr  

Bulan 1: Al Ghasyiyah- Al A’la

Bulan 2: At Thariq –Al Buruj

Bulan 3: Al Insyiqaq – Al Muthafiffin

Bulan 4: Al Muthafiffin- Al Infithar

Bulan 5: At Takwir- Abasa

Bulan 6: Abasa – An Naziat

Bulan 8: An naziat – An Naba

 

 

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Call Now : 085102343411